Tidak dipungkiri bahwa iklan harus bermuatan ide kreatif. Tetapi, banyak yang tidak menyadari bahwa kreatifitas saja tidak cukup untuk berfungsi sebagai senjata pamungkas untuk meningkatkan keuntungan.

Pasalnya, banyak iklan yang familiar di benak pemirsa dan telah menyabet banyak penghargaan tetapi angka penjualan yang dihasilkan belum seimbang dengan dana yang telah digelontorkan untuk membuat iklan tersebut.

Memang dari segi branding, iklan kreatif bisa meningkatkan brand awareness pemirsa tetapi tidak menjamin peningkatan penjualan. Kegagalan yang kerap kali terjadi adalah karena dalam proses pembuatan iklan tidak disertai dengan riset yang memadai. Peran riset  di sini amatlah penting karena menentukan kesuksesan nilai penjualan. Jika riset sudah dipahami, maka iklan menjadi lebih terfokus dan tak hanya melekat di hati publik tetapi mereka juga terpengaruh untuk membeli produk.

Syarat mutlak dalam sebuah iklan harus menonjolkan keunggulan serta keunikan perusahaan tersebut sebagai pembeda dengan produk lain yang sejenis. Selain itu, pesan juga harus memperhatikan sisi orisinal dan desain logo harus eye catching sehingga mudah diingat.

Adapun sebelum beriklan, ada beberapa prinsip yang merupakan gabungan antara ide kreatif dengan riset. Yakni:

Positioning. Anda harus memikirkan tentang positioning di mana sebuah produk bisa melekat di benak konsumen. Positioning ditentukan berdasarkan keunggulan produk, kelas produk, dan manfaat produk tersebut. Semua ini dibentuk berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan. 

Segmentasi pasar. Segmentasi pasar sangat penting dilakukan, hal ini juga berkaitan dengan positioning di mana sebuah produk harus jelas membedakan antara produk pria, wanita, anak-anak atau orang yang berusia lanjut. Jika pasar sudah terbagi secara efektif maka pemasaran juga akan turut terdongkrak. 

Brand Image dan pemenuhan atas harapan. Konsistensi brand image juga sangat penting diciptakan oleh sebuah perusahaan agar market sharenya menempati posisi yang bagus di pasaran. Untuk menciptakan brand image yang baik, sebuah produk harus memenuhi harapan masyarakat tentunya juga sesuai dengan riset. Misalnya saja sebuah produk oli menjanjikan kualitas terbaik, nilai kualitas tersebut harus bisa konsumen dapatkan setelah membeli produk tersebut seperti rasa nyaman berkendara karena telah memilih oli yang benar. Anda harus benar-benar menciptakan produk yang berkualitas tinggi. Ketika hal tersebut sudah terbukti, maka konsumen tidak akan berpikir dua kali lagi untuk menggunakan produk Anda tersebut. 

Ide besar. Percaya atau tidak, kebanyakan perusahaan besar bisa sukses dengan ide besar yang didapatkan dari ide-ide sederhana. Oleh karena itu, mulailah melakukan riset dan berpikir sederhana tetapi bisa menjanjikan untuk perkembangan bisnis Anda.

Hindari kompleksitas pesan pada iklan. Dalam menciptakan sebuah iklan, sebaiknya hindari hal-hal yang terlalu kompleks. Terlalu banyak pesan yang ingin disampaikan lewat sebuah iklan akan membuat fokus perhatian masyarakat menjadi berkurang. Oleh karena itu, lebih baik ide dibuat sesederhana mungkin tetapi jelas dan terarah. 

Tampilan iklan. Pada bagian ini persepsi sangat berperan terhadap penilaian tentang sebuah produk. Iklan yang dikemas dengan tampilan bagus akan menjamin bagusnya produk, begitu juga sebaliknya. Sayang sekali jika ada produk berkualitas dan berharga tinggi, namun iklan yang disuguhkan kepada pemirsa tidak layak. Maka kesan negatif terhadap produk tersebut juga akan terbangun. Di sini, letak inovasi juga penting tentu saja disesuaikan dengan perkembangan trend.