Trik Mendesain Web Profesional

 

Website merupakan media yang sangat potensial  dan populer dalam pemasaran sebuah produk atau jasa. Karena itu merancang sebuah website yang professional sudah menjadi keharusan.

Tentu saja terlebih dahulu Anda harus memahami apa yang diinginkan oleh calon pengunjung. Umumnya, yang menjadi favorit para pengunjung adalah hal yang menyangkut navigasi atau kemudahan dalam mengakses sebuah situs. Alasannya, karena kebutuhan yang dicari oleh pengunjung baik berupa informasi atau pun produk/jasa akan terpenuhi. Sebuah website yang bagus tanpa memiliki navigasi yang jelas akan sia-sia. Berikut ini ada beberapa tips mengubah pengunjung menjadi pelanggan dengan website professional.

Buat lebih simpel. Kesederhanaan menduduki aturan teratas dalam sebuah desain. Desain yang sederhana lebih mudah pembuatannya dan bisa lebih menghemat pengeluaran Anda. Hindarilah desain yang rumit dan membuat website terkesan penuh sesak seperti menyertakan animasi bergerak, pemuatan auto suara atau adanya teks bergulir. Selain itu desain yang rumit akan membuat website menjadi lamban. Untuk menarik minat pengunjung, Anda hanya perlu fokus pada dua hal yakni foto atau gambar yang tajam dan menampilkan isi konten yang berkualitas.

Perhatikan halaman. Kebanyakan pengunjung akan meninggalkan web yang dengan isi konten yang terlalu panjang tanpa adanya pembatas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggunakan tools “read more” yang dapat memudahkan pengunjung dalam mencari sebuah informasi tanpa terlalu banyak menggulir.  

Pemilihan warna yang tepat. Dalam mendesain web, Anda harus pandai dalam pemilihan warna. Terutama warna untuk bagian-bagian tertentu seperti link, header dan elemen lainnya. Lebih baik gunakan satu atau dua warna saja, dan pastikan warna tersebut tidak akan mengaburkan teks Anda. Agar mudah dibaca, Anda perlu menghindari warna merah, kuning, ungu dalam teks.

Gambar yang ringan. Menampilkan gambar dalam sebuah web menjadi hal yang penting, terutama website komersil. Tetapi Anda harus pastikan gambar yang akan Anda tampilkan tidak akan membebani pengunjung karena lamanya loading. Oleh karena itu, cukup tampilkan gambar dengan ukuran yang tidak terlalu besar pada website Anda.

Pemilihan font yang tepat. Ketertarikan pada sebuah website bisa berkurang akibat pemilihan font yang kurang tepat. Oleh karena itu,  disarankan untuk menggunakan font yang sederhana dan mudah dibaca seperti Arial, Georgia, Helvetica, Verdana dan Times New Roman.

Tampilkan contact link. Pengunjung yang membuka website komersil sudah pasti memerlukan kontak sang pemilik web. Oleh karena itu, penting bagi Anda menyediakan informasi kontak agar memudahhkan calon pelanggan untuk menghubungi Anda. Contact link ini bisa dimuat pada setiap halaman ataupun pada satu halaman khusus. Cantumkan informasi secara lengkap dan benar.